Open top menu

Seni batik

Jika kita bicara batik, maka yang akan terlintas didalam fikiran kita ialah kain sarung dan baju yang penuh corak yang penuh akan motif-motif unik dan variatif. Dahulu kala kesenian membatik begitu lekat dengan wanita-wanita jawa,kesenian ini berkembang pesat tidak hanya didalam lingkungan kraton saja tapi sudah meluas dalam kehidupan masyarakat jawa dan akhirnya menjadi salah satu tradisi atau kebudayaan masyarakat di Jawa.

Seni budaya batik merupakan salah satu seni kerajinan (kriya) khas Indonesia,keindahan dan keaneka ragaman batik sangat dikagumi masyarakat,sehingga semakin hari kini seni membatik semakin berkembang dan makin banyak digemari oleh masyarakat,bahkan penggemarnya kini bukan hanya dari masyarakat Indonesia saja tapi sudah makin meluas hingga ke mancanegara.

Dewasa ini batik tidak hanya dikenakan sebagai busana saja, tetapi juga dapat dibuat menjadi berbagai macam benda fungsional seperti gorden,tas,bantal kursi, taplak,dompet,tempat laptop, aksesoris dan aneka keperluan rumah tangga lainnya.

Arti kata Batik

Dahulu kata batik berasal dari kata “ hamba – tik” (membuat titik). Namun ada pula yang mengartikan batik dengan Amba – nitik (amba = panjang, nitik = memberi titik-titik diatas kain panjang). Motif titik adalah motif tertua yang dapat diketemukan,dengan titik-titik yang ditata dan dirangkai sedemikian rupa,dapat tercipta lebih dari 60 motif batik, dengan semakin berkembangnya kebudayaan dan kreatifitas ,maka hingga saat ini motif batik menjadi semakin banyak dan penuh akan variasi (variatif).