Open top menu

CILEGON - Kepala Cabang Tunas Toyota Cilegon mengembangkan sayap bisnisnya dengan mendirikan sanggar batik Krakatoa yang akan menjadi batik khas Kota Cilegon.

Untuk mengenalkan batik Krakatoa ini kepada masyarakat, Helldy mengaku pihaknya sudah mendesain 50 motif batik. Uniknya, semua motif diinspirasi dari kuliner, budaya, dan tempat-tempat bersejarah di Kota Cilegon. Sebut saja motif Sate Bebek Cibeber, Ani-ani, Godong Kestela, Kelotoh, Masjid Agung Nurul Ikhlas, Trisula, Engkak, Gunung Krakatau, serta Sate Bandeng. “Ini sengaja kita ambil untuk mempromosikan wisata kuliner dan wisata sejarah Cilegon,” kata Helldy kepada wartawan, belum lama ini.


Sanggar batik milik Ketua Yayasan Suara Hati Kita ini berlokasi di Kelurahan Kedaleman, Kecamatan Cibeber. Ia juga bertekad bahwa kedepan Cibeber akan menjadi sentra produksi batik di Cilegon. Untuk itu, sanggar batik Krakatoa mendidik puluhan warga sekitar untuk belajar membatik dengan mendatangkan ahlinya dari daerah Jawa Tengah. "Setelah semua bisa, maka semua akan disebar di tempat mereka masing-masing untuk memproduksi batik. Kami sanggar batik Krakatoa yang akan memfasilitasi kebutuhan produksi mereka, pokoknya Cibeber harus menjadi sentra batik," Helldy optimis.

Ke depan, Helldy ingin agar batik khas Cilegon tersebut bisa berkembang ke arah bisnis. Namun, sementara ini melalui yayasannya, ia ingin memberdayakan warga agar tidak lagi menganggur. “Kita bina warga, lalu karyanya kita beli. Nanti sanggar yang akan menjual karya batik itu,” katanya. Ia juga menambahkan, keinginannya dalam membuat batik khas Cilegon itu didasari atas kunjungannya ke sejumlah daerah di Pulau Jawa. “Saya berpikir, Cirebon saja sebagai saudara tuanya Cilegon bisa membuat batik, masa iya kita tidak bisa,” jelas mantan calon Walikota Cilegon ini. (ichan)
Tagged
Different Themes
Hj. Hany Seviantry

Pembina Sanggar Batik Krakatoa mengatakan, batik merupakan salah satu keariafan lokal yang harus dimiliki oleh masyarakat Cilegon. "Kata siapa wong Cilegon tidak punya batik, untuk itu sanggar batik ini kami dirikan sebagai salah satu budaya lokal yang akan kami perkenalkan kepada masyarakat"